welcome

baca bismillah sebelum membaca :)

Rabu, 03 Oktober 2012

MAKANAN TRADISIONAL : KERAK TELOR KHAS BETAWI

mengapa saya mengambil judul kerak telor karena semua keluarga saya berasal dari betawi , jadi sudah seharusnya saya mengangkat makanan khas dari kota saya untuk melestarikan nya supaya tidak diambil oleh negara tetangga, kerak telor sudah ada sejak lama.

Kerak telor adalah makanan asli daerah Jakarta (Betawi), dengan bahan-bahan beras ketan putih, telur ayam, ebi (udang kering yang diasinkan) yang disangrai kering ditambah bawang merah goreng, lalu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam dan gula pasir.

untuk saat ini kerak telor memang sudah cukup langka untuk dicari, biasanya kalau pekan raya jakarta (PRJ) diadakan disitulah banyak kerak telor,sepanjang jalan menuju maupun keluar dari PRJ pasti anda akan melihat para penjual yang menjajaki jualan nya.

biasa nya harga kerak telor bervariasi , tergantung mau telor apa yang kita inginkan , dan biasa nya telor nya itu terbagi menjadi dua ada telor ayam dan telor bebek , kalau kerak telor ayam dibandrol dengan kisaran Rp.15.000 sedangkan kerak telor bebek dibandrol dengan harga Rp.20.000 .

kesimpulan nya yaitu kerak telor merupakan makanan tradisional yang berasal dari betawi,kerak telor mudah didapatkan pada saat pekan raya jakarta (PRJ) buka,harga kerak telor bervariasi. selamat mencoba



sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Kerak_telor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar