welcome

baca bismillah sebelum membaca :)

Kamis, 18 Oktober 2012

berbicara sesuai konteks

Berbicara adalah Proses individu berkomunikasi dengan lingkungan masyarakat untuk menyatakan din sebagai anggota masyarakat.
Konteks adalah kondisi dimana suatu keadaan terjadi.
Ada beberapa jenis konteks. Konteks fisik meliputi ruangan, obyek nyata, pemandangan, dan lain sebagainya. Konteks menuruf faktor sosio-psikologis menyangkut faktor-faktor seperti status orang-orang yang terlibat dalam hubungan komunikasi, peran mereka, dan tingkat kesungguhannya. Dimensi pemilihan waktu atau tempo suatu konteks meliputi hari dan rentetan peristimwa yang dirasakan terjadi sebelum peristiwa komunikasi.

jadi berbicara sesuai konteks adalah suatu proses dalam mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain".Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak.[rujukan?] Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu.[rujukan?] Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal.

cara berbicara dengan anak kecil itu berbeda dengan cara berbicara dengan orang yang sepantaran kita dan juga berbeda dengan orang yang lebih tua dari kita,misal disini kita berbicara dengan anak kecil,berbicaralah dengan menggunakan bahasa yang mudah mereka mengerti jangan menggunakan bahasa yang sulit mereka cerna misalkan kita berbicara dengan anak kecil dengan maenggunakan bahasa inggris yang mereka tidak mengerti,lalu berbicaralah dengan halus.
lain lagi berbicara dengan lawan bicara yang sepantaran dengan kita, biasanya kalau saya berbicara dengan orang yang sepantaran kita saya menggunakan bahasa indonesia yang semraut,karena mereka tetap akan mengerti apa yang kita bicarakan,bisa juga menggunakan bahasa gaul sehari-hari untuk memperluas gaya bahasa kita dkalangan sesama remaja.
kalau kita berbicara dengan orang yang lebih dewasa atau dengan orang tua juga berbeda,yaitu kita harus menggunakan bahasa yang sopan,halus,tidak dengan nada tinggi,dan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti,atau menggunakan bahasa sehari-hari supaya memperlancar berbicara antara dua arah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar