welcome

baca bismillah sebelum membaca :)

Kamis, 27 Desember 2012

bagaimana menentukan tema dan judul kerangka karangan yang baik


dalam penulisan karangann,kita harus mempunyai tema yang bagus,kuat,dan dimengerti oleh pembaca,tema merupakan suatu gagasan pokok atau ide pikiran tentang suatu hal, salah satunya dalam membuat suatu tulisan.

setelah sudah didapatkan tema yang menarik,kita harus membuat kerangka karangan nya dahulu,supaya tulisan kita tertatah lebih rapih dan mudah dipahami oleh pembaca.

Karangan adalah karya tulis hasil dari kegiatan seseorang untuk mengungkapkan gagasan dan menyampaikanya melalui bahasa tulis kepada pembaca untuk dipahami.

Kerangka Karangan adalah rencana garis besar karangan berdasarkan tingkat kepentingannya, pokok- pokok yang akan dibicarakan, pedoman bagi pembaca untuk mengetahui isi suatu karangan.

Perancangan Karangan

Kegiatan mengarang merupakan kegiatan bertahap. Pada umumnya, para pakar membagi kegiatan mengarang itu menjadi tiga tahap, yakni (1) tahap kegiatan prapenulisan (prewriting), (2) tahap kegiatan penulisan (writing), dan (3) tahap kegiatan pascapenulisan (post-writing). Dengan kata lain, kegiatan mengarang adalah kegiatan yang mengikuti alur proses yang bertahap dan berurutan.



A. PENENTUAN TOPIK KARANGAN

• Istilah topik dapat diberi batasan atau pengertian sebagai hal pokok yang dibicarakan.

Topik karangan atau tulisan dapat diartikan sebagai hal pokok yang dituliskan atau diungkapkan dalam karangan.
Topik karangan berbeda dengan tema karangan. Tema karangan adalah gagasan dasar yang mendasari sebuaah karangan. Dalam proses penulisan karangan, tema merupakan gagasan dasar yang menjadi tumpuan topik karangan.
Topik karangan juga tidak sama dengan judul karangan. Kalau topik karangan adalah hal pokok yang diungkapkan dalam karangan, judul karangan adalah nama sebuah karangan.

• Judul-judul yang berbeda itu disebabkan oleh cara pandang pengarang terhadap topik karangan dan pertimbangan kemenarikan karangan yang ada pada pengarang. Sebuah karangan dituliskan dengan sejumlah pertimbangan.

Tahapan dalam menyusun kerangka karangan :

a. Mencatat gagasan. Alat yang mudah digunakan adalah pohon pikiran (diagram yang menjelaskan gagasan2 yang timbul)

b. Mengatur urutan gagasan.

c. Memeriksa kembali yang telah diatur dalam bab dan subbab

d .Membuat kerangka yang terperinci dan lengkap

sumber: http://mettamustika.wordpress.com/2011/04/07/kerangka-karangan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar