welcome

baca bismillah sebelum membaca :)

Kamis, 15 Maret 2012

pendapatan nasional

NAMA : RIFANI NUR AULIA
NPM : 15110934
TULISAN PERTAMA

PERHITUNGAN PENDAPATAN NASIONAL
Sesuatu perekonomian tidak akan dapat memberikan informasi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti itu apabila tidak terdapat data mengenai produk spesial bruto, produk domestik bruto dan komponen-komponen lain dari konsep produksi nasional atau pendapatan nasional tersebut. Setiap negara akan mengumpulkan berbagai informasi mengenai kegiatan ekonominya agar secara kontinu dapat diperhatikan perubahan-perubahan tingkat dan corak kegiatan ekonomi yang berlaku.
Salah satu infomasi penting yang akan dikumpulka adalah data mengenai pendapatan nasionalnya, yaitu nilai barang dan jasa yang diwujudkan pada suatu tahun tertentu. Untuk menghitung nilai barang-barang dan jasa-jasa yang diciptakan oleh sesuatu perekonomian tiga cara penghitungan dapat digunakan, yaitu :
I. Cara pengeluaran. Dengan cara ini pendapatan nasional dihitung dengan menjumlahkan nilai pengeluaran/perbelanjaan ke atas barang-barang dan jasa yang diproduksikan di dalan negara tersebut.
II. Cara produksi atau cara produk neto. Dengan cara ini pendapatan nasionak dihitung dengan menjumlahkan nilai produksi barang dan jasa yang diwujudkan oleh berbagai sektor (lapangan usaha) dalam perekonomian,
III. Cara pendapatan. Dalam perhitungan ini pendapatan nasional diperoloh dengan cara menjumlahkan pendapatan yang diterima oleh faktor-faktor produksi yang digunakan untuk mewujudkan pendapatan nasional.


SUMBER : BUKU MAKRO EKONOMI 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar