welcome

baca bismillah sebelum membaca :)

Sabtu, 26 Maret 2011

bab 6 : manusia dan penderitaan

RIFANI NUR AULIA
1KA24
15110934

Manusia dan penderitaan

Penderitaan anak jalanan

Penderitaan berasal dari kata derita. Kata derita berasal dari bahasa sansekerta dhra artinya menahan atau menanggung. Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan itu dapat lahir atau batin, atau lahir batin.
Semua orang pasti pernah menderita. Banyak sekali macam-macam penderitaan contohnya saja menderita karena masalah-masalah yang dihadapi, menderita karena kekurangan dll. Tapi semua penderitaan yang telah kita alami belum seberapa dengan penderitaan anak jalanan.

Di Indonesia banyak sekali anak jalanan. Hampir di setiap ruas jalan di Indonesia pasti ada anak jalanan. Seharusnya di Indonesia tidak perlu lagi yang menjadi anak jalanan karena penderitaan yang mereka dapati begitu banyak.

Ada anak jalanan yang setiapa harinya harus bekerja mencari nafkah karena mungkin dia harus membantu orang tuanya dan adik-adiknya. Mereka bekerja dengan cara mengamen di tempat-tempat umum yang ada.

Tapi banyak juaga anak-anak jalanan yang kerjanya mengamen tapi hasil dari mengamennya itu harus di setorkan kepada preman-preman yang ada. Atau mereka bahkan disksa oleh preman-preman tersebut. Semua penderitaan yang ada membuat mereka menjadi tertekan dengan situasi dan kondisi yang ada.

Banyak mereka yang tak kuat dengan keadaan yang ada membuat mereka menjadi kalut mentalnya. Mereka jadi tak bisa berpikir secara baik. Akhirnya mereka banyak yang menjadi pencuri, penjambret dll. Yang padahal semua itu tidak perlu terjadi.

Kita sebagai manusia yang memiliki segala kelebihan yang ada, seharusnya kita membantu anak-anak jalanan tersebut. Biar mereka semua tak perlu lagi merasakan penderitaan-penderitaan yang ada dan membuat mereka bahagia dalam menjalani hidup ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar