welcome

baca bismillah sebelum membaca :)

Kamis, 24 November 2011

tugas 6

"Pengertian Pemimpin dan Kepemimpinan"
Dalam bahasa Indonesia "pemimpin" sering disebut penghulu, pemuka, pelopor, pembina, panutan, pembimbing, pengurus, penggerak, ketua, kepala, penuntun, raja, tua-tua, dan sebagainya. Sedangkan istilah Memimpin digunakan dalam konteks hasil penggunaan peran seseorang berkaitan dengan kemampuannya mempengaruhi orang lain dengan berbagai cara.

Istilah pemimpin, kemimpinan, dan memimpin pada mulanya berasal dari kata dasar yang sama "pimpin". Namun demikian ketiganya digunakan dalam konteks yang berbeda.

Pemimpin adalah suatu lakon/peran dalam sistem tertentu; karenanya seseorang dalam peran formal belum tentu memiliki ketrampilan kepemimpinan dan belum tentu mampu memimpin. Istilah Kepemimpinan pada dasarnya berhubungan dengan ketrampilan, kecakapan, dan tingkat pengaruh yang dimiliki seseorang; oleh sebab itu kepemimpinan bisa dimiliki oleh orang yang bukan "pemimpin".

Arti pemimpin adalah seorang pribadi yang memiliki kecakapan dan kelebihan, khususnya kecakapan/ kelebihan di satu bidang sehingga dia mampu mempengaruhi orang-orang lain untuk bersama-sama melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi pencapaian satu atau beberapa tujuan. Pemimpin adalah seorang pribadi yang memiliki kecakapan dan kelebihan - khususnya kecakapan-kelebihan di satu bidang , sehingga dia mampu mempengaruhi orang lain untuk bersama-sama melakukan aktivitas-aktivitas tertentu untuk pencapaian satu beberapa tujuan. (Kartini Kartono, 1994 : 181).

Pemimpin jika dialihbahasakan ke bahasa Inggris menjadi "LEADER", yang mempunyai tugas untuk me-LEAD anggota disekitarnya. Sedangkan makna LEAD adalah :

Loyality, seorang pemimpin harus mampu membagnkitkan loyalitas rekan kerjanya danmemberikan loyalitasnya dalam kebaikan.
Educate, seorang pemimpin mampu untuk mengedukasi rekan-rekannya dan mewariskantacit knowledge pada rekan-rekannya.
Advice, memberikan saran dan nasehat dari permasalahan yang ada
Discipline, memberikan keteladanan dalam berdisiplin dan menegakkan kedisiplinan dalam setiap aktivitasnya.

Tugas Pemimpin
Menurut James A.F Stonen, tugas utama seorang pemimpin adalah:

Pemimpin bekerja dengan orang lain : Seorang pemimpin bertanggung jawab untuk bekerja dengan orang lain, salah satu dengan atasannya, staf, teman sekerja atau atasan lain dalam organjsasi sebaik orang diluar organisasi.
Pemimpin adalah tanggung jawab dan mempertanggungjawabkan (akontabilitas): Seorang pemimpin bertanggungjawab untuk menyusun tugas menjalankan tugas,mengadakan evaluasi, untuk mencapai outcome yang terbaik. Pemimpin bertanggungjawab untuk kesuksesan stafhya tanpa kegagalan.
Pemimpin menyeimbangkan pencapaian tujuan dan prioritas : Proses kepemimpinandibatasi sumber, jadi pemimpin hanya dapat menyusun tugas dengan mendahulukanprioritas. Dalam upaya pencapaian tujuan pemimpin harus dapat mendelegasikan tugas-tugasnya kepada staf. Kemudian pemimpin harus dapat mengatur waktu secaraefektif,dan menyelesaikan masalah secara efektif.
Pemimpin harus berpikir secara analitis dan konseptual : Seorang pemimpin harus menjadi seorang pemikir yang analitis dan konseptual. Selanjutnya dapat mengidentifikasi masalah dengan akurat. Pemimpin harus dapat menguraikan seluruh pekerjaan menjadf lebih jelas dan kaitannya dengan pekerjaan lain.
Manajer adalah forcing mediator : Konflik selalu terjadi pada setiap tim dan organisasi. Oleh karena itu, pemimpin harus dapat menjadi seorang mediator (penengah).
Pemimpin adalah politisi dan diplomat: Seorang pemimpin harus mampu mengajak dan melakukan kompromi. Sebagai seorang diplomat, seorang pemimpin harus dapat mewakili tim atau organisasinya.
Pemimpin membuat keputusan yang sulit : Seorang pemimpin harus dapat memecahkan masalah.

Menurut Henry Mintzberg, Peran Pemimpin adalah :
1. Peran huhungan antar perorangan, dalam kasus ini fungsinya sebagai pemimpin yang dicontoh, pembangun tim, pelatih, direktur, mentor konsultasi.
2. Fungsi Peran informal sebagai monitor, penyebar informasi dan juru bicara.
3. Peran Pembuat keputusan, berfungsi sebagai pengusaha, penanganan gangguan, sumber alokasi, dan negosiator.

Kriteria Seorang Pemimpin
Pimpinan yang dapat dikatakan sebagai pemimpin setidaknya memenuhi beberapa kriteria,yaitu :
1. Pengaruh : Seorang pemimpin adalah seorang yang memiliki orang-orang yang mendukungnya yang turut membesarkan nama sang pimpinan. Pengaruh ini menjadikan
sang pemimpin diikuti dan membuat orang lain tunduk pada apa yang dikatakan sang
pemimpin. John C. Maxwell, penulis buku-buku kepemimpinan pernah berkata:
Leadership is Influence (Kepemimpinan adalah soal pengaruh). Mother Teresa dan Lady
Diana adalah contoh kriteria seorang pemimpin yang punya pengaruh.
2. Kekuasaan/power : Seorang pemimpin umumnya diikuti oleh orang lain karena dia
memiliki kekuasaan/power yang membuat orang lain menghargai keberadaannya. Tanpa
kekuasaan atau kekuatan yang dimiliki sang pemimpin, tentunya tidak ada orang yang
mau menjadi pendukungnya. Kekuasaan/kekuatan yang dimiliki sang pemimpin ini
menjadikan orang lain akan tergantung pada apa yang dimiliki sang pemimpin, tanpa itu
mereka tidak dapat berbuat apa-apa. Hubungan ini menjadikan hubungan yang bersifat
simbiosis mutualisme, dimana kedua belah pihak sama-sama saling diuntungkan.
3. Wewenang : Wewenang di sini dapat diartikan sebagai hak yang diberikan kepada
pemimpin untuk fnenetapkan sebuah keputusan dalam melaksanakan suatu hal/kebijakan.
Wewenang di sini juga dapat dialihkan kepada bawahan oleh pimpinan apabila sang
pemimpin percaya bahwa bawahan tersebut mampu melaksanakan tugas dan tanggung
jawab dengan baik, sehingga bawahan diberi kepercayaan untuk melaksanakan tanpa perlu campur tangan dari sang pemimpin.
4. Pengikut : Seorang pemimpin yang memiliki pengaruh, kekuasaaan/power, dan wewenang tidak dapat dikatakan sebagai pemimpin apabila dia tidak memiliki pengikut yang berada di belakangnya yang memberi dukungan dan mengikuti apa yang dikatakan sang pemimpin. Tanpa adanya pengikut maka pemimpin tidak akan ada. Pemimpin dan pengikut adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan dan tidak dapat berdiri sendiri.

Pemimpin Sejati
Empat Kriteria Pemimpin Sejati yaitu:
1. Visioner: Punyai tujuan pasti dan jelas serta tahu kemana akan membawa para pengikutnya. Tujuan Hidup Anda adalah Poros Hidup Anda. Andy Stanley dalam bukunya Visioneering, melihat pemimpin yang punya visi dan arah yang jelas, kemungkinan berhasil/sukses lebih besar daripada mereka yang hanya menjalankan sebuah kepemimpinan.
2. Sukses Bersama: Membawa sebanyak mungkin pengikutnya untuk sukses bersamanya.
Pemimpin sejati bukanlah mencari sukses atau keuntungan hanya bag) dirinya sendiri,
namun ia tidak kuatir dan takut serta malah terbuka untuk mendorong orang-orang yang
dipimpin bersama-sama dirinya meraih kesuksesan bersama.
3. Mau Terus Menerus Belajar dan Diajar (Teachable and Learn continuous): Banyak hal yang harus dipela ari oleh seorang pemimpin jika ia mau terus survive sebagai pemimpin dan dihargai oleh para pengikutnya. Punya hati yang mau diajar baik oleh pemimpin lain ataupun bawahan dan belajar dari pengalaman-diri dan orang-orang lain adalah penting bagi seorang Pemimpin. Memperlengkapi diri dengan buku-buku bermutu dan bacaan/bahan yang positif juga bergaul akrab dengan para Pemimpin akan mendorong Skill kepemimpinan akan meningkat.
4. Mempersiapkan Calon-calon Pemimpin Masa depan: Pemimpin Sejati bukanlah orang yang hanya menikmati dan melaksanakan kepemimpinannya seorang diri bagi generasi atau saat dia memimpin saja. Namun, lebih dari itu, dia adalah seorang yang visioner yang mempersiapkan pemimpin berikutnya untuk regenerasi di masa depan. Pemimpin yang mempersiapkan pemimpin berikutnya barulah dapat disebut seorang Pemimpin Sejati. Di bidang apapun dalam berbagai aspek kehidupan ini, seorang Pemimpin sejati pasti dikatakan Sukses jika ia mampu menelorkan para pemimpin muda lainnya.

Persyaratan Pemimpin
Di dalam Islam seorang pemimpin haruslah mempunyai sifat:
1. S1DDIQ artinya jujur, benar, berintegritas tinggi dan terjaga dari kesalahan
2. FATHONAH artinya jerdas, memiliki intelektualitas tinggi dan professional
3. AMANAH artinya dapat dipercaya, memiliki legitimasi dan akuntabel
4. TABLIGH artinya senantiasa menyammpaikan risalah kebenaran, tidak pernah menyembunyikan apa yang wajib disampaikan, dan komunikatif.

Di dalam Alkitab peminipin harus mempunya sifat dasar :
Bertanggung jawab, Berorientasi pada sasaran, Tegas, Cakap, Bertumbuh, Memberi Teladan, Dapat membangkitkan semangat, Jujur, Setia, Murah hati, Rendah hati, Efisien, Memperhatikan, Mampu berkomunikasi, Dapat mempersatukan, serta Dapat mengajak.

Pada ajaran Budha di kenal dengan DASA RAJA DHAMMA yang terdiri dari :
• DHANA (suka menolong, tidak kikir dan ramah tamah),
• SILA (bermoralitas tinggi),
• PARICAGA Imengorban segala sesuatu demi rakyat),
• AJJAVA (jujur dan bersih),
• MADDAVA (ramah tamah dan sopan santun),
• TAPA (sederhana dalam penghidupan),
• AKKHODA (bebas dari kebencian dan permusuhan),
• AVIHIMSA (tanpa kekerasan)
• KHANTI (sabar, rendah hati, dan pemaaf),
• AVIRODHA (tidak menentang dan tidak menghalang-halangi).

Pada ajaran Hindu, falsafah kepemimpinan dijelaskan dengan istilah-istilah:
• PANCA STITI DHARMENG PRABHU yang artinya lima ajaran seorang pemimpin,
• CATUR KOTAMANING NREPATI yang artinya empat sifat utama seorang pemimpin
• ASTA BRATlA yang artinya delapan sifat mulia para dewa,

CATUR NAYA SANDHI yang artinya empat tindakan seorang pemimpin, Dalam
Catur Naya Shandi pemimpin harus mempunyai sifat yaitu :
- SAMA /dapat menandingi kekuatan musuh
- BHEDA /dapat melaksanakan tata tertib dan disiplin kerja
- DHANA /dapat mengutamakan sandang dan papan untuk rakyat
- DANDHA / dapat menghukum dengan adil mereka yang bersalah.

Trait Theory (Keith Davis)
Ciri Utama Pemimpin Yang Berhasil
• Intelegensia
• Kematangan Sosial
• Inner Motivation
• Human Relation Attitude

Ciri-Ciri Pemimpin Sukses ( Stogdill; 1974)
• Adaptable To Situations
• Alert To Social Environment
• Ambitious And Achievement Oriented
• Assertive
• Cooperative
• Decisive
• Dependable
• Dominant (Desire To Influence Others)
• Energetic (High Activity Level)
• Persistent
. Self-Confident
• Tolerant Of Stress
• Willing To Assujne Responsibility

Skills Pemimpin Sukses (Stogdill; 1974)
. Clever
. Conceptually Skilled
• Creative
• Diplomatic And Tactful
• Fluent In Speaking
• Knowledgeable About Group Task
• Organized (Administrative Ability)
• Persuasive
• Socially Skilled

Pengertian Kepemimpinan
Dalam suatu organisasi kepemimpinan merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan pencapaian tujuan yang telah ditetapkan oleh organisasi. Kepemimpinan merupakan titik sentral dan penentu kebijakan dari kegiatan yang akan dilaksanakan dalam organisasi. Kepemimpinan adalah aktivitas untuk mempengaruhi perilaku orang lain agar supaya mereka mau diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu (Thoha, 1983:123). Sedangkan menurut Robbins (2002:163) Kepemimpian adalah kemampuan untuk mempengaruhi suatu kelompok untuk mencapai tujuan. Sedangkan menurut Ngalim Purwanto (1991:26) Kepemimpinan adalah sekumpulan dari serangkaian kemampuan dan sifat-sifat kepribadian, termasuk didalamnya kewibawaan untuk dijadikan sebagai sarana dalam rangka meyakinkan yang dipimpinnya agar mereka mau dan dapat melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya dengan rela, penuh semangat, ada kegembiraan batin, serta merasa tidak terpaksa.

Dari pengertian diatas kepemimpinan mengandung beberapa unsur pokok antara lain:
1) kepemimpinan melibatkan orang lain dan adanya situasi kelompok atau organisasi tempat pemimpin dan anggotanya berinteraksi,
2) di dalam kepemimpinan terjadi pembagian kekuasaan dan proses mempengaruhi bawahan oleh pemimpin, dan
3) adanya tujuan bersama yang harus dicapai.

Dari uraian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa kepemimpinan adalah kemampuan untuk mempengaruhi perilaku seseorang atau sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu pada situasi tertentu.

Beberapa pendapat ahli mengenai Kepemimipinan :
1. Menurut John Piffner, Kepemimpinan merupakan seni dalam mengkoordinasikan dan
mengarahkan individu atau kelompok untuk mencapai suatu tujuan yang dikehendaki
(H. Abu Ahmadi, 1999:124-125)
2. Kepemimpinan adalah pengaruh antar pribadi, dalam situasi tertentu dan langsung melalui proses komunikasi untuk mencapai satu atau beberapa tujuan tertentu
(Tannebaum, Weschler and Nassarik, 1961, 24).
3. Kepemimpinan adalah suatu proses yang memberi arti (penuh arti Kepemimpinan) pada kerjasama dan dihasilkan dengan kemauan untuk memimpin dalam mencapai tujuan
(Jacobs & Jacques, 1990, 281)
4. Kepemimpinan merupakan suatu kemampuan, proses, atau fungsi pada umumnya untuk mempengaruhi orang-orang agar berbuat sesuatu dalam rangka mencapai tujuan tertentu.
(Slamet, 2002: 29)
5. Kepemimpinan adalah sikap pribadi, yang memimpin pelaksanaan aktivitas untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
(Shared Goal, Hemhiel & Coons, 1957, 7)
6. Kepemimpinan adalah suatu proses yang mempengaruhi aktifitas kelompok yang diatur untuk mencapai adalah pengaruh antar pribadi, dalam situasi tertentu dan langsung melalui proses komunikasi untuk mencapai satu atau beberapa tujuan tertentu
(Tannebaum, Weschler and Nassarik, 1961, 29)
7. Kepemimpinan adalah aktivitas untuk mempengaruhi perilaku orang lain agar supaya mereka mau diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu (Thoha, 1983:123).
8. Kepemimpinan adalah sekumpulan dari serangkaian kemampuan dan sifat-sifat kepribadian, termasuk didalamnya kewibawaan, untuk dijadikan sebagai sarana dalam rangka meyakinkan yang dipimpinnya agar mereka mau dan dapat melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya dengan rela, penuh semangat, ada kegembiraan batin, serta merasa tidak terpaksa.
( Ngalim Purwanto ,1991:26)

Dari uraian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa kepemimpinan adalah kemampuan untuk mempengaruhi perilaku Aeseorang atau sekelompok orang untuk meneapai tujuan tertentu pada situasi tertentu. Kepemimpinan merupakan masalah sosial yang di dalamnya terjadi interaksi antara pihak yang memimpin dengan pihak yang dipimpin untuk mencapai tujuan bersama, baik dengan cara mempengafuhi, membujuk, memotivasi dan mengkoordinasi. Dari sini dapat dipahami bahwa tugas utatna seorang pemimpin dalam menjalankan kepemimpinannya tidak hanya terbatas pada kemampuannya dalam melaksanakan program-program saja, tetapi lebih dari itu yaitu pemimpin harus mempu melibatkan seluruh lapisan organisasinya, anggotanya atau masyarakatnya untuk ikut berperan aktif sehingga mereka mampu memberikan kontribusi yang posetif dalam usaha mencapai tujuan.

Faktor-faktor penting yang terdapat dalam pengertian kepemimpinan:
1. Pendayagunaan Pengaruh
2. Hubungan Antar Manusia
3. Proses Komunikasi dan
4. Pencapaian Suatu Tujuan.

Unsur-Unsur Mendasar
Unsur-unsur yang mendasari kepemimpinan dari defmisi-defmisi yang dikemukakan di atas, adalah:
1. Kemampuan mempengaruhi orang lain (kelompok/bawahan).
2. Kemampuan mengarahkan atau memotivasi tingkah laku orang lain atau kelompok.
3. Adanya unsur kerja sama untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Prinsip-Prinsip Dasar Kepemimpinan
Karakteristik seorang pemimpin didasarkan kepada prinsip-prinsip (Stephen R. Coney) sebagai berikut:
1. Seorang yang belajar seumur hidup : Tidak hanya melalui pendidikan formal, tetapi juga diluar sekolah. Contohnya, beJajar melalui membaca, menulis, observasi, dan mendengar. Mempunyai pengalaman yang baik maupun yang buruk sebagai sumber belajar.
2. Berorientasi pada pelayanan : Seorang pemimpin tidak dilayani tetapi melayani, sebab prinsip pemimpjn dengan prinsip melayani berdasarkan karir sebagai tujuan utama. Dalam memberi pelayanan, pemimpin seharusnya lebih berprinsip pada pelayanan yang baik.
3. Membawa energi yang positif : Setiap orang mempunyai energi dan semangat. Menggunakan energi yang positif didasarkan pada keikhlasan dan keinginan mendukung kesuksesan orang lain. Untuk itu dibutuhkan energi positif untuk membangun hubungan baik. Seorang pemimpin hams dapat dan mau bekerja untuk jangka waktu yang lama dan kondisi tidak ditentukan. Oleh karena itu, seorang pemimpin haras dapat menunjukkan energi yang positif, seperti;

a. Percaya pada orang lain : Seorang pemimpin mempercayai orang lain termasuk
staf bawahannya, sehingga mereka mempunyai motivasi dan mempertahankan
pekerjaan yang baik. Oleh karena itu, kepercayaan harus diikuti dengan
kepedulian.
b. Keseimbangan dalam kehidupan : Seorang pemimpin haras dapat menyeimbangkan tugasnya. Berorientasi kepada prinsip kemanusiaan dan
keseimbangan diri antara kerja dan olah raga, istirahat dan rekreasi.
Keseimbangan juga berarti seimbang antara kehidupan dunia dan akherat.
c. Melihat kehidupan sebagai tantangan : Kata 'tantangan' sering diinterpretasikan negatif. Dalam hal ini tantangan berarti kemampuan untuk menikmati hidup dan segala konsekuensinya. Sebab kehidupan adalah suatu tantangan yang dibutuhkan, mempunyai rasa aman yang datang dari dalam diri sendiri. Rasa aman tergantung pada inisiatif, ketrampilan, kreatifitas, kemauan, keberanian, dinamisasi dan kebebasan.
d. Sinergi : Orang yang berprinsip senantiasa hidup dalam sinergi dan satu katalis perubahan, Mereka selalu mengatasi kelemahannya sendiri dan lainnya. Sinergi
adalah kerja kelompok dan memberi keuntungan kedua belah pihak. Menurut The New Brolier Webster International Dictionary, Sinergi adalah satu kerja
kelompok, yang mana memberi hasil lebih efektif dari pada bekerja secara perorangan. Seorang pemimpin harus dapat bersinergis dengan setiap orang,
atasan, staf, teman sekerja.
e. Latihan mengembangkan diri sendiri : Seorang pemimpin harus dapat memperbaharui diri sendiri untuk mencapai keberhasilan yang tinggi. Jadi dia tidak hanya berorientasi pada proses. Proses dalam mengembangkan diri terdiri dari beberapa komponen yang berhubungan dengan:
1) pemahaman materi;
2) memperluas materi melalui belajar dan pengalaman;
3) mengajar materi kepada orang lain;
4) mengaplikasikan prinsip-prinsip;
5) memonitoring hasil;
6) merefleksikan kepada hasil;
7) menambahkan pengetahuan baru yang diperlukan materi;
8) pemahaman baru; dan
9) kembali menjadi diri sendiri lagi.

Referensi:
Purwanto, M. Ngalim. 1991. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Robbins, Stephen P. 2002. Prinsip-prinsip Perilaku Organisasi. Jakarta: Erlangga.Thoha, Miftah. 1983. Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: Rajawali Pers.
Servant Leadeship atau Kepemimpinan Hamba oleh Meme Mery, SE, Trainer di PT PHILLIPS, Inc JKT.

http://teknikkepemimpinan.blogspot.com/2011/11/pengertian-pemimpin-dan-kepemimpinan.html

Sabtu, 12 November 2011

cara mengatasi global warming di indonesia

Ada bermacam cara memperlambat dampak pemanasan global, cara-cara tersebut umumnya mudah dan sederhana. Tetapi kurang dilakukan secara serius oleh kebanyakan orang. Padahal pemanasan global adalah masalah yang serius. Suhu Bumi yang terus meningkat akan ber efek panjangnya musim kering atau kemarau. Mencairnya gunungan es di kutub. Naiknya permukaan air laut. Dan sulitnya mencari sumber mata air. Kalau sudah begitu siapa coba yang tanggung jawab? Berhubung Masih belum terlalu parah efeknya, mari kita lakukan 14 langkah perubahan menuju hidup yang lebih baik, berkualitas dan ramah lingkungan.



1. Batasi Penggunanaan kertas

Tanamkan di pikiran anda kuat-kuat, bahwa setiap anda menggunakan selembar kertas maka anda telah menebang sebatang pohon. Oleh karena itu gunakan kertas se-efektif mungkin misalnya dengan mencetak print out bolak-balik pada setiap kertas. Bila anda nge-print sesuatu yang tidak terlalu penting, gunakanlah kertas bekas yang dibaliknya masih kosong.

2. Ganti bola lampu.

Segera ganti bola lampu pijar anda dengan lampu neon. Lampu neon ini membutuhkan energi yang lebih sedikit dibanding lampu pijar. Ingat setiap daya daya listrik yang anda pakai maka anda turut serta menghabiskan sumber daya energi listrik yang kebanyakan berbahan bakar fosil. Bahan bakar fosil adalah bahan bakar tak terbarukan, dan dalam jangka sepuluh tahun ke depan mungkin bahan bakar jenis ini akan habis.

3. Hindari Screen Saver

Shut down Komputer anda jika tidak akan digunakan dalam jangka lama, atau jika anda terpaksa meninggalkan komputer dalam keadaan menyala, matikan screen saver. Mengaktifkan screen saver akan memakan energi dan mengeluarkan emisi Co2. Jadi matikan screen saver anda sekarang!

4. Periksa tekanan ban

Setiap anda ingin bepergian janagn lupa memeriksa tekanan ban kendaraan anda. ban yang kurang angin akan memperlambat laju kendaraan dan akhirnya akan membutuhkan bahan bakar yang lebih banyak.

5. Buka jendela lebar-lebar

Di Amerika , sebagian besar dari 22,7 ton emisi CO2 berasal dari rumah. Kebanyakan emisi atau gas buang tersebut berasal dari AC, kulkas, kompor gas atau refrigerator. Unutk meminimalkannya ketika dapat mengatur termostat AC dengan suhu udara di luar ruangan. Kemudian bukalah jendela lebar-lebar karena sirkulasi udara yang terjebak dapat mengkonsumsi energi.

6. Gunakan pupuk organik.

Pupuk yang digunakan kebanyakan petani mengandung unsur nitrogen, yang kemudian berubah menjadi N2O yang menimbulkan efek GRK (Gas Rumah Kaca) 320 kali lebih besar dari pada CO2. Jika anda hobi berkebun gunakanlah pupuk organik. Disamping aman, murah pula.

7. Tanamlah rumpun bambu

Pepohonan memang terbukti mampu menyerap CO2, tetapi ternyata pohon atau rumpun bambu mampu menyerap CO2 empat kali lebih banyak dari pohon-pohon lain.





8. Naik kendaraan umum

Saat ini jumlah kendaraan pribadi sudah teramat banyak dan bikin sumpek. Sector transportasi menyumbang sampai 14 % emisi gas rumah kaca ke atmosfer, jika kita menggunakan kendaran umum maka kita mengurangi emisi gas rumah kaca, karena dalam satu kendaraan umum bisa mengangkut puluhan orang, dan itu sangat hemat energi. Dibandingkan dengan kendaraan pribadi sperti sedan yang hanya mengangkut maksimal empat orang.

9. Kurangi makan daging sapi

Betul, kurangi dari sekarang memakan daging sapi. Selain megandung kalori y ang tinggi. Daging sapi juga menyumbang emisi gas rumah kaca yang cukup signifikan. Setiap kilogaram daging sapi yang kita makan, setara dengan menyalakan bola lampu 20 watt selama 20 hari.

10. Jangan pakai kantong plastik

Di beberapa Negara bagian Amerika, urusan kantong plastik bahkan sampai dibuat undang-undangnya segala. LSM peduli lingkungan mendorong pemerintah Negara setempat unutk melarang penggunaan kantong plastic sebagai kantong belanjaan. Plastik ini memang unsur yang sulit terurai, butuh 1000 tahun untuk mengurainya didalam tanah.

Efek Gas rumah kaca yang ditimbulkannya juga cukup besar. Maka beralihlah ke kantong kain, misal dari kain serat alami.

11. Membeli produk lokal

Produk lokal tentu tidak memerlukan jalur distribusi yang panjang dan membutuhkan banyak bahan bakar. Ini berarti mengurangi emisi CO2 yang dikeluarkan mobil-mobil pengangkutnya. Kemudian belilah produk sayuran atau buah-buahan sesuai musimnya. Ini akan menghemat biaya transportasi dan menghindari harga jual yang mahal.

12. Hidup efisien

Apapun aktifitas manusia di bumi akan berdampak pada bumi yang kita diami ini. Pola komsumsi energi, pola lingkungan dan sebagainya. Hiduplah seefisien mungkin, gunakan sedikit energi, komsumsilah sedikit makanan, tinggalkan pola hidup konsumtif, ramahlah terhadap lingkungan, sedikit bicara lebih banyak berpikir, dan sebagainya.

13. Mengemudi cerdas

Hindari perjalanan yang panjang dan menghabiskan waktu, bila mungkin memotong jalan lakukanlah. Kurangilah aktifitas yang menggunakan kendaraan pribadi. Jika terpaksa menggunakan kendaraan pribadi, pilihlah jalan-jalan alternative yang bebas macet dan tidak mengkonsumsi energi. Bila anda menunggu, matikan mesin sebab gas buangan tetap keluar sementara bahan bahan bakar terpakai.

14. Pakai baju bekas

Sekarang bukan jamannya gengsi, toh kita mati tidak membawa gengsi. Tak perlu malu memakai baju bekas atau baju warisan orang tua. Dengan mengurangi membeli pakaian baru maka anda membantu mengurangi pemakaian listrik di pabrik pakaian.

Apalagi banyak bahan kain sintetis yang mengandung minyak bumi. Bahkan katun yang berasal dari kapas ternyata mengandung pestisida.(yayat/berbagai sumber)

sumber : http://www.kabarinews.com/article.cfm?articleId=2085

lirik lagu justin bieber - mistletoe

Its the most beautiful time of the year
Running through the streets spreading so much cheer
I should be playing in the winter snow
But I'mma be under the mistletoe

Word on the street that its coming tonight,
Reindeer's flying in the sky so high
I should be playing in the winter snow
But Imma be under the mistletoe

With you, shawty with you
With you, shawty with you
With you under the mistletoe

Gathering around the fire
Chestnuts roasting like a high tonight
I should be playing in the winter snow
But Imma be under the mistletoe

I dont want to miss out on the holiday
But I cant stop staring at your face
I should be running in the winter snow
But Imma be under the mistletoe

With you, shawty with you
With you, shawty with you
With you under the mistletoe
With you, shawty with you
With you, shawty with you
With you under the mistletoe

Dont you buy me nothing
I am feeling one thing and it led me to a miracle
Dont you buy me nothing
I am feeling one thing, your lips on my lips
Theres a very, merry Christmas

Its the most beautiful time of the year
Flying through the streets spreading so much cheer
I should be playing in the winter snow
But Imma be under the mistletoe

I dont want to miss out on the holiday
But I cant stop staring at your face
I should be playing in the winter snow
But Imma be under the mistletoe

With you, shawty with you
With you, shawty with you
With you under the mistletoe

With you, shawty with you
Shawty with you, under the mistletoe

Kiss me under the mistletoe
Show me baby that you love me so
Ohhhh, ohhh,
Kiss me underneath the mistletoe, oh, whoaaa

sinopsis novel lovasket

Malam ini suasana Gedung Basket Senayan, Jakarta, tampak penuh sesak. Puluhan penonton tampak masuk ke tengah lapangan. Penonton itu sebagian besar adalah supporter tim basket putri SMA Altavia, yang baru saja memastikan dirinya sebagai yang terbaik dalam Turnamen Bola Basket Antar- SMA Se-Jawa-Bali.

Penghuni SMA Altavia kini sedang bergembira karena kemenangan ini di peroleh karena hasil perjuangan berat dan merupakan prestasi tertinggi tim basket SMA Altavia. Kemenangan tim basket putri SMA Altavia tidak luput dari perjuangan Vira. Dalam turnamen ini, Vira menyumbangkan angka terbanyak untuk kemenangan timnya, sehingga gelar Juara Turnamen Bola Basket se-Jawa-Bali di sanding oleh sekolahnya. Selain gelar juara tersebut, Vira juga menyandang predikat sebagai MVP alias pemain terbaik dan Top Score.

Vira merupakan “top girl” di sekolah. Statusnya yang ketua geng putri The Roses, atlet basket andalan sekolah, dan pengurus OSIS bidang olahraga membuatnya jadi “orang paling berpengaruh”, paling tidak di kalangan putri. Belum lagi kedekatannya dengan Robi, putra ketua yayasan yang menaungi SMA Altavia, membuat Vira seakan jadi “Ratu” di sini.

Pesta, clubbing, jalan-jalan di mal, shopping, dan sederet kegiatan fun lainnya merupakan kegiatan rutin The Roses. Geng yang beranggotakan Vira, Stella, Diana, Amel, dan Lisa biasa disebut “penguasa” SMA Altavia. Kelima anggota geng ini mempunyai latar belakang keluarga yang berbeda-beda, dank arena perbedaan itu The Rose dianggap paling powerfull. Geng yang mempunyai motto “BE PARTY, BE HAPPY!” tidak pernah mundur dari acara-acara pesta ulang tahu, yang intinya senang-senang….

Entah bermula darimana, hidup Vira kini berubah karena tuduhan yang di terima oleh Papa Vira, sehingga menyebabkan Papa Vira harus mendekam di balik jeruji besi dengan waktu yang cukup lama, bahkan menyebabkan semua harta keluarganya yang di anggap mahal juga ikut tersita oleh Kejaksaan. Karena peristiwa itu, kini Vira dan Mama-nya harus tinggal di sebuah komplek perumahan yang sederhana di daerah Bandung Timur. Selain nasib yang menimpanya itu, Vira juga terpukul atas apa yang telah di perbuat oleh Stella, Lisa, dan Diana, teman-teman yang dekat dengan nya kini menjauhinya, terkecuali Amel. Bahkan, Amel juga diancam oleh Stella, Lisa dan Diana untuk ikut memusuhi Vira dan sebagai ancamannya bila Amel tidak mau mengikuti kemuan ketiga temannya itu, Amel akan di buat tidak kerasan bila berada di sekolah. Vira kecewa atas perbuatan ketiga sahabatnya yang meninggalkan itu. Vira berpikir dan merasa heran melihat perbuatan mereka. Ketika mereka bersama, suka dan duka mereka bersama – sama, mereka saling menolong dalam kegiatan apapun. Bahkan bila mereka sedang dalam kesusahan sekalipun, Vira tidak segan – segan untuk membantu mereka. Namun, saat-saat seperti ini, saat Vira sedang membutuhkan bantuan, dukungan serta kerjasama dari sahabat – sahabatnya itu, mereka malah meninggalkan dan memusuhi Vira. Karena perbuatan sahabat – sahabatnya itu, Vira berpikir bahwa ungkapan – ungkapan tentang persahabatan yang dulu sering ia dapat dari sahabat – sahabatnya itu adalah BOHONG dan bualan semata. Vira juga berpikir, sahabat macam apa mereka itu? Mereka selalu mementingkan ego masing – masing, mereka juga selalu ingin menang sendiri. Sejak peristiwa tuduhan yang menimpa Papanya serta perbuatan sahabat-sahabatnya, Vira telah berubah. Vira kini menjadi anak yang tertutup, ia juga tidak pernah merawat rambutnya yang kini telah mencapai bahu, selain itu Vira kini juga membenci basket yang sudah mendarah daging dalam diri Vira hingga Vira bertemu dengan Niken, Ketua OSIS di SMA-nya yang baru sekaligus anak seorang penjual krupuk langganan Mama Vira.

Akhir tahun pelajaran ini, SMA 31 akan mengadakan penghapusan ekstra yang ada dan yang dianggap tidak dapat menunjukkan prestasi yang membanggakan sekolah. Kini Niken disibukkan mengadakan penilaian terhadap kegiatan-kegiatan yang ada di SMA 31. Entah mengapa kini Niken sedang berusaha agar ekskul Basket tidak di hapus dari sekolah. Keinginannya untuk menunjukkan kemampuan tim basket SMA 31 itu di perkuatnya dengan rencana keikutsertaan tim basket SMA 31 di Turnamen Bola Basket Antar-SMA Se-Bandung Raya.

Niken yang semula berjanji akan membantu Mama Vira untuk mengembalikan keceriaan putri semata wayangnya itu menggunakan kesempatan ini dengan baik. Niken yang awalnya berusaha untuk mendekati Vira dan selalu mendapat sambutan dingin tidak pantang menyerah. Hampir setiap hari Niken selalu datang ke rumah Vira untuk membujuk Vira agar mau bergabung dengan tim basket SMA 31, tapi berulang kali juga di tolak oleh Vira. Walau berulang kali di tolak oleh Vira, tapi Niken tidak pernah capek untuk lebih dekat dengan cewek yang dianggap misterius di sekolahnya itu. Perjuangan Niken akhirnya membuahkan hasil, kini Vira mulai terbuka terhadap Niken. Suatu sore Vira di minta tolong oleh Mamanya untuk mengantarkan uang ke rumah Niken, sesampainya di rumah Niken, bukan Niken yang dia temui tapi kakak Niken, Kak Aji. Kak Aji kuliah di University of Sydney, Australia.

Sepulangnya dari rumah Niken, Vira bersama Niken melewati lapangan basket yang ada di dekat komplek rumah Vira, Niken berubah arah menuju ke tengah lapangan yang kosong. Di tengah lapangan, Niken mengeluarkan bola basket yang tadi di sembunyikannya di dalam tas ransel yang di bawanya. Niken meminta Vira agar mau mengajarinya bermain basket, tapi permintaannya itu ditolak mentah-mentah oleh Vira, dan meninggalkan Niken sendiri.

Sepulangnya dari rumah Niken, wajah Vira tampak murung. Hal itu membuat Mama Vira penasaran dan mencoba untuk menanyakannya kepada putrinya. Pada kesempatan itu, Mama Vira menceritakan sedikit tentang kehidupan Niken yang jauh lebih menyedihkan daripada kehidupannya saat ini. Mama Vira kagum kepada Niken karena pada saat Niken duduk di bangku SMP, kesusahan yang kini melanda keluarga Vira sebelumnya telah dirasakan oleh Niken, bahkan lebih susah daripada keluarga Vira. Saat itu Ayah Niken ditupu oleh rekan bisnisnya yang menyebabkan semua hartanya disita oleh bank, bukan hanya itu, karena stress Ayah Niken lalu bunuh diri dan itu membuat Niken dan kakaknya terpukul. Namun, lambat laun Niken dapat kembali lagi ceria dan selalu menghadapi hidup ini dengan gembira.

Mendengar cerita tentang keluarga Niken membuat hati Vira tercenung, namun Vira sungguh belum siap untuk kembali menjadi Vira yang dulu. Mamanya juga berpesan bahwa persahabatan sejati itu masih ada, dan kita butuh sahabat untuk membantu kamu. Itu terbukti dari pengalaman Niken sehingga dia bisa melewati masa-masa sulitnya terdahulu., itu semua juga ada sahabat yang selalu membantu mengembalikan semangat hidupnya.

Setelah lama tidak bertemu dengan teman-teman di sekolahnya dulu, kini Vira telah bertemu dengan Amel, Amel memang sahabat satu-satunya yang di miliki oleh Vira yang berasal dari SMA Altavia. Kini, Vira dikagetkan oleh kedatangan Diana, teman yang dulu ikut-ikut mengejek dan merendahkan Vira saat Vira dikeluarkan dari sekolah. Kedatangan Diana ke rumah Vira membuat rasa sakit hati yang belum juga hilang itu terkelupas dan mengingatkan Vira akan kejadian di SMA Altavia. Vira sempat merasa heran akan kedatangan Diana ke rumahnya yang hanya untuk mengatakan bahwa dia “hamil”. Mengapa Diana tidak datang ke tempat sahabat-sahabatnya, Stella dan Lisa, justru Diana datang kepada Vira yang jelas-jelas bukan sahabatnya lagi.

Saat Diana datang kepada Stella dan Lisa, justru bukan jawaban yang tepat yang didapatkan oleh Diana. Justru jawaban yang tidak menyelesaikan masalah dan membantu. Stella dan Lisa hanya berteman pada saat mereka bersenang-senang saja dan giliran temannya susah, mereka tidak pernah mau membantu dan tidak ingin tahu. Bayangkan saja betapa kejamnya Stella dan Lisa, mereka berdua menyuruh Diana untuk aborsi. Mendengar itu semua, hati Vira yang tadi sedingin es batu berubah menjadi rasa belas kasihan. Hal yang lebih mengagetkan lagi adalah saat ditanya siapa Ayah dari anak yang dikandung oleh Diana, Diana tidak dapat menjawabnya bahkan dia bingung harus mengatakan siapa saja pria yang dekat dengannya.

Setelah kedatangannya di hari Minggu, Vira tidak pernah lagi mendengar kabar tentang kehamilan Diana. Hingga suatu pagi Vira di kagetkan oleh telepon yang berasal dari Diana. Di telepon tersebut, Diana dituduh telah mempermalukan nama baik sekolah dan karena hal itu Diana mempunyai niat untuk lebih mempermalukan sekolahnya itu. Kata-kata Diana di akhir telepon membuat Vira heran dan penasaran. Keheranan yang ada di benak Vira terjawab sudah, setelah menelpon Vira, HP Diana dilempar dulu ke bawah dan barulah dirinya menyusul HPnya, dengan terjun ke bawah. Kematian Diana membuat Vira terpukul dan menganngap ini semua karena sikapnya yang tak acuh saat Diana datang kepadanya, hingga Vira mengurung dirinya selama 2 hari di kamarnya. Diana merupakan anggota The Roses yang paling dekat dengan Vira setelah Amel. Tapi betapa beruntungya Vira saat mendengar bahwa Diana menunjuk dia sebagai sahabat terbaiknya.

Suatu sore, Niken berada sendirian di lapangan basket dekat rumanhnya, dia berusaha berlatih basket sendiri karena Vira tidak mau mengajarinya. Saat dia akan melempar bola, tiba-tiba terdengar suara Vira yang memberikan instruksi cara melempar bola ke ring. Niken yang kaget kini tercengang melihat kedatangan Vira. Hati Niken begitu gembira, karena Vira mau bergabung bersama tim basket SMA 31.

Anak-anak basket SMA 31 terkejut dengan kedatangan Vira, karena rambut Vira yang panjang telah di potongnya menjadi pendek. Karena rambut baru nya, wajah Vira tampak lebih fresh dan membuatnya kelihatan lebih tinggi dan langsing. Masuknya Vira sebagai tim inti basket cewek mengundang protes dari kapten tim dan beberapa anak lain. Mereka tidak terima Vira bergabung dengan tim basket tidak melalui seleksi, namun semua anggota tim basket tercengang saat melihat kemampuan Vira yang mempunyai skill tinggi itu memasukkan bola ke dalam ring dengan mulus. Sejak latihan hari itu, Vira kembali menjadi dirinya yang dulu dan membantu tim basket SMA 31 menghadapi lawan-lawan di pertandingan persahabatan yang tidak pernah di ungguli oleh SMA 31.

Dengan bergabungnya Vira di dalam tim basket SMA 31, Vira menjadi dekat dengan ketua tim basket SMA 31, Rei. Sekembalinya Vira ke dunia basket membuat Vira dapat pulih seperti Vira yang dulu. Selain itu, untuk mengasah kemampuannya bermain basket, setiap malam minggu Vira bersama dengan Rei mengikuti pertandingan streetball. Awalnya Vira agak kurang yakin dengan permainan ini karena sebelumnya ia belum pernah mencobanya dan agak kagok karena ia harus bermain bersama cowok, namun lama kelamaan Vira menyukai permainan itu hingga Vira dapat menjadi favorit penonton di permainan ini. Hampir setiap malam minggu Vira dan Rei bermain streetball, dan entah dari siapa Niken mengetahui hal itu dan ia menunjukkan sikap yang aneh di depan teman-teman.

Suatu sore, tim basket SMA 31 melakukan pertandingan persahabatan antara SMA 23, sebagai tuan rumah. Dalam pertandingan ini SMA 31 unggul daripada SMA 23 dengan skor yang cukup baik, tapi kemenangan tim SMA 31 mendapat sambutan yang tidak baik dari anggota tim. Perpecahan terjadi diantara Vira dan Rida, sebagai kapten tim basket cewek yang tidak terima karena Rei lebih membela Vira sebagai anak baru daripada Rida. Sejak pertandingan itu, Vira dan Rei telah menyusun rencana tentang keikutsertaan tim basket sekolah mereka dalam Turnamen Bola Basket Antar-SMA Se-Bandung Raya. Karena pertengkaran antara Vira dan Rida tak kunjung reda, Vira memberanikan diri untuk datang ke rumah Rida. Kedatangan Vira ke rumah Rida mendapat sambutan dingin dari Rida, tapi Vira tetap memaksa Rida agar Rida mau ikut dengannya ke tempat yang dulu biasa dia datangi saat masih menjadi anggota terbaik tim basket SMA Altavia.

Vira dan Rida kini telah berada di C-Tra Arena, GOR yang biasa digunakan oleh anak-anak SMA Altavia untuk latihan bermain basket. Dan kebetulan saat mereka datang, tim basket putri SMA Altavia sedang mengadakan latihan dan ini merupakan kesempatan yang baik yang akan ditunjukkan Vira kepada Rida. Vira dan Rida cukup berhati-hati memilih tempat duduk agar tidak ada anak SMA Altavia yang mengetahui kedatangannya. Namun keberuntungan sedang tidak ada di pihak Vira, saat mereka berdua akan meninggalkan arena, Vira dan Rida bertemu dengan Stella dan Lisa. Dengan keangkuhannya, Stella yang berniat mengajak bertanding Vira 1 on 1 , tawaran itu diterima oleh Vira karena Vira ingin menyelamatkan Rida. Betapa terkejutnya para pemain SMA Altavia, karena Vira yang selalu unggul diatas dari Stella tiba-tiba dapat di kalahkan oleh Stella, semuanya terjadi karena Vira hanya ingin mengalah saja.

Pertandingan yang dilihat oleh Rida, antara Stella dan Vira, membuat Rida dan teman-temannya mau kembali berlatih untuk persiapan mengikuti turnamen yang akan berlangsung tidak lama lagi. Untuk pertandingan kali ini tim basket menyiapkannya dengan sungguh-sungguh, karena mereka berharap akan memberikan prestasi yang membanggakan dan ekskul basket tidak jadi di hapus.

Akhirnya pertandingan pun tiba….

Dengan masuknya Vira sebagai anggota tim basket, SMA 31 dapat lolos hingga babak Final Four dan SMA “pinggiran” itu termasuk yang di sukai oleh para penonton. Permainan mereka yang pertama cukup indah dan dapat memukau penonton yang hadir, dan bila giliran SMA 31 yang bertanding, bangku penonton selalu penuh. Di pertandingan ini, Vira bertugas untuk memberikan strategi sekaligus sebagai pelatih untuk tim cewek. Vira juga selalu berubah-ubah posisi, karena ucapan Vira dalam memberikan pengarahan maka tim basket putri SMA 31 dapat mencetak prestasi jauh lebih tinggi daripada tim cowok, berkat Vira juga hari-hari berikutnya terasa lebih mudah di bandingkan hari sebelumnya.

Usai pertandingan, seperti biasa Vira diantar pulang oleh Rei. Sesampainya di depan rumah, Vira kaget karena yang ada di hadapannya bukan sang Mama, tapi sang Papa. Betapa bahagianya Vira karena Papa nya terbukti tidak bersalah sehingga semua harta keluarga Papanya dapat kembali seperti dulu, termasuk semua barang-barang kesayangan Vira yang ikut tersita. Karena kabar gembira itu, keluarga Vira segera meninggalkan rumah untuk pindah ke rumah lamanya. Teman-teman Vira tidak ada yang tahu tentang kebahagiaan yang sedang di rasakan oleh Vira, termasuk Niken. Karena Vira tidak masuk sekolah, Niken berniat untuk mengunjungi Vira, tapi yang di dapatinya hanya rumah Vira yang tak berpenghuni.

Kedatangan sebuah sedan Peugeot 307 membuat Niken kaget apalagi setelah dia tahu siapa remaja yang berada di balik kemudi mobil itu, Vira. Niken yang masih kaget, diajaknya pergi menuju sebuah komplek perumahan yang mewah, atau ke rumah Vira yang lama.

Pertandingan kembali dilaksanakan, kali ini mengambil lokasi di C-Tra Arena. Pertandingan kali ini tidak berlangsung seperti hari-hari sebelumnya, tim SMA 31 tampak gugup karena baru pertama kalinya mereka menginjakkan kaki di lapangan yang mewah itu, terkecuali Rida yang pernah diajak Vira untuk melihat permainan tim putri SMA Altavia. Vira yang awalnya tidak sadar akan kegugupan timnya itu, kini tengah sibuk memberikan semangat dan dorongan agar mental teman-temannya itu kembali pulih dan kembali percaya diri, sehingga mereka dapat bermain dengan baik seperti di pertandingan sebelumnya. Saat SMA 31 sedang bertanding, mereka tidak sadar bahwa ada yang mengamati permainan mereka. Stella bersama Lisa sengaja datang untuk menyaksikan permainan mantan sahabatnya sekaligus sebagai musuh dan saingannya di lapangan. Stella tercengang melihat stamina Vira yang jauh lebih kuat darinya, karena Vira bermain individual sejak quarter pertama. Melihat itu, Stella baru sadar kalau saat melawannya kemarin, Vira sengaja mengalah, dan tiba-tiba Stella mengajak Lisa pulang dan sudah dapat ditebak bahwa SMA 31 akan berhadapan dengan SMA Altavia, mantan sekolahnya dulu, dengan begitu Stella juga akan berhadapan dengan Vira.

Di luar dugaan Vira, malam hari setelah pertandingan usai, Robi datang untuk meminta maaf kepada Vira. Tidak mudah bagi Vira untuk memaafkan mantan kekasihnya itu, apalagi setelah dia ingat apa yang dilakukan Robi terhadap dirinya, Robi hampir saja memperkosa Vira dan mempermalukannya di hadapan umum. Belum lagi perbuatannya yang dilakukan kepada sahabatnya, Diana, Vira jelas tidak bisa memaafkannya. Kedatangan Robi telah menggariskan sedikit gambaran akan maksud yang sebenarnya.

Hari ini puncak pertandingan turnamen basket. Ini bukan hanya sekedar pertandingan untuk memperebutkan gelar juara, tapi lebih merupakan “pertempuran” dari dua sekolah yang berbeda 180derajat satu sama lain. SMA Altavia mewakili sekolah mewah yang ada di pusat kota, sedangkan SMA 31 yang terletak di pinggiran kota mewakili sebagian besar sekolah yang ada di Indonesia. Selain itu, pertandingan ini juga merupakan pertarungan pribadi antara dua pemain yang dapat disebut sebagai pemain basket SMA terbaik di Bandung, Stella Winchest dari SMA Altavia dan Savira Priskila dari SMA 31. Pertandingan ini sekaligus untuk membuktikan siapa yang pantas disebut “Best of the Best”.

Walau pertandingan baru akan di mulai pukul tiga sore, dua jam sebelum pertandingan C-Tra Arena sudah mulai dipadati oleh penonton. Pertandingan hampir dimulai, namun Vira belum juga muncul, anggota tim mulai panik karena Vira yang dianggap sebagai pengatur strategi belum kunjung datang. Niken yang ngos-ngosan membagikan selebaran tentang strategi yang ditulis Vira untuk menghadapi SMA Altavia, tak lupa Niken juga menyampaikan kalau Vira datang terlambat karena ia ada urusan. Pertandingan dimulai. Stella yang tengah bersiap-siap di pinggir lapangan heran karena dia tidak melihat Vira, musuhnya. Walau ragu tim SMA 31 tetap melanjutkan perjuangannya yang telah masuk final. Sayang, kekuatan tim SMA 31 tanpa Vira berkurang drastis namun tanpa Vira, Rida dan teman-teman tetap mengikuti strategi yang telah di berikan oleh Vira, yang telah benar-benar paham dengan kemampuan lawannya. Diakhir quarter kedua para penonton menjadi ribut dan bertepuk tangan saat melihat Vira memasuki lapangan.

Vira terlambat datang bukan karena dia tidak mau melawan sekolahnya yang dulu, tapi karena dia harus bertemu dengan Stephanie, salah seorang alumnus SMA Altavia yang mengerti benar sifat Robi. Dalam kesempatan itu, Stephanie menceritakan apa yang diperbuat oleh Robi agar tim basket sekolahnya tetap unggul dari sekolah-sekolah lain. Rupanya untuk memperoleh kemenangan itu, Robi selalu berbuat curang dengan menghubungi salah satu dari pemain lawan yang dianggap paling berpengaruh dan membuat penawaran agar pemain lawannya itu tidak datang atau bermain jelek dengan imbalan uang atau sesuatu yang tidak mungkin di tolak. Ternyata bukan dengan orang lain saja Robi berbuat seperti itu, Robi juga melakukan hal tersebut kepada Vira yang memang mempunyai pengaruh besar dalam timnya. Robi memberikan penawaran kepada Vira berupa janji, janji untuk menerima kembali Vira di SMA Altavia dengan imbalan Vira tidak boleh datang ke pertandingan. Karena Stephanie tidak ingin menanggung malu almamaternya, dia menceritakan hal itu kepada Vira.

Kini pertandingan berjalan semakin panas karena SMA 31 masuk dengan formasi yang sungguh baik. Dengan masuknya Vira, Stella kembali semakin panas dan bersiap memasang kuda-kuda untuk memberikan perlawanan kepada Vira. Vira yang sudah siap berjalan ketengah lapangan dengan penuh ketenangan dan membuat para penonton bersorak keras, teman-teman timnya juga berharap agar Vira membuat keajaiban sore itu. SMA 31 dapat memperkecil ketinggalannya, dengan posisi Vira yang selalu berubah-ubah, mereka dapat menyamakan kedudukan dan mampu membuat tim SMA Altavia merasa heran akan kemampuan Vira yang semakin menonjol.

Memasuki quarter keempat, Vira benar-benar menjadi sasaran tembak pemain SMA Altavia. SMA Altavia menggunakan segala cara untuk lebih unggul dari SMA 31. Menghantam Vira, menendang kaki kanan Vira, dan kecurangan-kecurangan lain yang membuat Vira terluka, juga mereka gunakan. Stella yang tahu betul seberapa kemapuan Vira memberikan perintah agar pemain tim nya menendang kaki kanan Vira, yang konon pernah terluka dan Vira pernah mendapat larangan agar tidak melakukan olahraga basket, tapi semua itu tidak dipatuhinya. Mengetahui hal itu semua tim SMA 31 tidak terima sehingga menimbulkan sedikit keramaian di tengah pertandingan.

Lagi-lagi SMA Altavia berbuat curang. Kini bukan hanya Vira saja yang menjadi sasaran tetapi semua anggota tim SMA 31, yang lebih mengherankan wasit tidak mengetahui kekerasan yang di lakukan tim lawan… Masuknya Deby sempat membuat pemain lawan kaget karena sebelumnya Deby tidak diikut sertakan dalam pertandingan. Benar kata Vira, Deby sangat membantu dan akan bermain disaat yang kita butuhkan seperti sekarang ini. Tak terasa pertandingan yang mendebarkan itu kini telah berakhir.

Dengan hasil terakhir pertandingan, para penonton telah dapat memastikan siapa yang menjadi juara. Tapi sebelum penyerahan piala dan medali, panitia akan memberikan pengumuman untuk gelar Top Scorer dan MVP. Gelar Top Scorer telah jelas di raih oleh Stella, tapi gelar MVP diterima oleh Vira dari SMA 31. Tidak ada yang menyangka bahwa Vira akan berjalan menuju kearah kubu pertahanan lawan dan menghampiri Amel serta menyerahkan piala tersebut kepada Amel supaya diserahkan kepada keluarga Diana, karena bagi Vira kemenangannya menjadi MVP berkat Diana yang tanpa Diana Vira tidak akan pernah tahu arti persahabatan yang sesungguhnya serta mengajarkan Vira untuk lebih menghargai hidup. Mendengar ucapan Vira, kubu SMA Altavia terdiam dan tak bergeming sama sekali, mereka terpukau atas apa yang telah di katakan oleh Vira.

Sekarang tiba saatnya penyerahan piala untuk tim pemenang. Juara ketiga diraih tim SMA 2. Runner-up tahun ini jatuh kepada SMA 31 utuk basket putrinya, Rida memasuki lapangan dan menerima piala tersebut dengan hati bangga. Baru saja Vira menerima piala tersebut dan telah terdengar suara tepuk tangan yang aneh dan itu berasal dari kubu SMA Altavia. Mereka semua tersadar bahwa yang telah dilakukannya tadi sangat menyimpang dari nilai-nilai sportivitas dan menghalalkan segala cara untuk meraih kemenangan. Berbeda dengan usaha keras yang dilakukan oleh tim SMA 31, mereka melakukan semua itu dengan penuh kerja keras, bahkan sampai mereka diserang dengan hal yang curang mereka tetap bermain sportif. Karena tepuk tangan yang diberikan kubu SMA Altavia, suasana gedung C-Tra Arena menjadi seperti suasana saat lebaran dan mereka melupakan “dokrin” yang ada diantara mereka.

Tugas Vira untuk membantu tim basket agar tidak di hapus telah selesai, namun Vira masih mempunyai tugas yang harus segera ia selesaikan. Dua hari setelah pertandingan itu, Vira membantu Rei untuk mengutarakan isi hatinya kepada Niken. Tugasnya kali ini tidaklah berat, dan kini semua telah usai. Cinta terpendam Niken dan Rei telah dipersatukan. Seusai melaksanakan tugasnya itu, Vira langsung pergi meninggalkan Niken dan Rei dan menuju ke mobilnya.

Liburan semester telah usai, tahun ajaran baru telah berjalan selama seminggu dan sampai hari ini pun belum ada tanda-tanda kehadiran Vira di SMA 31. Karena kehadiran Vira tak kunjung datang, gossip kepindahannya ke sekolahnya yang lama telah tersebar seantero sekolah. Niken yang penasaran lalu mendatangi petugas Tata Usaha bagian administrasi siswa, jawaban dari petugas itu membuat lega hati Niken. Akhirnya semua anak SMA 31 merasa lega karena Vira masih berkenan sekolah di SMA pinggiran.

Pertanyaan siswa SMA 31 terjawab sudah. Bagi Vira, sekolah yang baik adalah sekolah yang mampu memberikan perlindungan, kenyamanan, hingga membuat murid-muridnya bias belajar dengan tenang, merasa betah dan bangga sekolah di situ. SMA yang dianggap terbaik adalah SMA 31, bukan SMA Altavia.

Saat jam istirahat Niken kembali ngobrol dengan Vira tentang ketidakhadiran Vira di minggu lalu. Keceriaan yang dulu sempat hilang kini telah benar-benar tersirat di wajah Vira, bukan hanya itu tapi SMA 31 juga akan kedatangan murid pindahan yang merasa bahwa SMA 31 ini merupakan sekolah yang benar-benar memberikan kenyamanan serta perlindungan kepada muridnya. Amel, sahabat Vira memutuskan untuk pindah ke sekolah Vira dan Niken. Vira kembali bercerita tentang liburannya di Australia. Kepergian Vira ke Australia bukan hanya untuk bersenang-senang, tapi juga untuk pedekate ke cowok yang sekarang menjadi kekasihnya itu.

Niken yang ingin tahu siapa cowok Vira itu mendesak Vira untuk memberitahukannya. Dan yang tidak disangka oleh Niken adalah, cowok yang di maksud oleh Vira adalah Kak Aji, Kakak Niken yang mendapat biya siswa di Sydney……. Kebahagiaan pun menghiasi wajah Vira yang telah lama murung……………………….

sumber : http://veronicaselviejuliani.blogspot.com/2008/06/sinopsis-novel-lovasket-karya-luna.html

merawat rambut

1. BERSIHKAN RAMBUT SECARA TERATUR

Agar kebersihan rambut dan kulit kepala terjaga, usahakan minimal membersihkan rambut anak dua hari sekali. Sebaiknya, aktivitas mencuci rambut bagi anak tidak terlalu lama. Satu atau dua menit pun cukup. Setelah itu, dibilas hingga bersih. Kebersihan rambut bisa membantu lancarnya sirkulasi darah pada kulit kepala. Rambut yang bersih juga membantu mengurangi stres dan membantu jaringan metabolisme agar tetap tumbuh dan berkembang secara normal. Kutu rambut pun tidak diberi kesempatan untuk hidup. Rambut wangi, bersih, dan segar.

Sedangkan pada bayi, keramas dapat dilakukan satu atau dua kali seminggu. Ingat, rambut bayi tidak terlalu kotor, selain tidak mengeluarkan banyak keringat. Rambut bayi juga tidak selebat rambut orang dewasa. Seminggu sekali bersihkan kulit kepalanya menggunakan baby oil lalu segera keramas.

2. PILIH SAMPO YANG TEPAT

Disarankan membeli sampo berkualitas baik yang mampu menghilangkan minyak, sisik kepala, dan membuat rambut si kecil jadi lebih lemas, gampang disisir, serta tidak mudah kusut. Ada banyak sampo pilihan buat anak. Sedangkan untuk bayi, pilihlah yang bahan aktifnya tidak mengiritasi mata dan tidak memicu alergi.

3 PILAH-PILIH SISIR

Gunakan sisir yang bergigi renggang atau sikat rambut yang tidak tajam. Sisiri rambut anak secara lembut. Bila tidak, salah-salah cara rambut si kecil malah rusak dan rontok. Jadikan acara menyisiri rambut ini sebagai ajang untuk menunjukkan kasih sayang dan menjalin kedekatan.

Kesehatan rambut erat kaitannya dengan pemilihan sisir yang tepat. Sisir yang kurang baik akan mudah menyebabkan rambut rusak atau rontok. Hindari membeli sisir berbahan nilon karena berisiko menyebabkan rambut mudah patah. Meskipun terlihat gaya, sisir berbahan metal juga dapat merusak rambut. Jangan lupa, bersihkan sikat dari sisa rambut yang tersangkut. Cuci dengan air hangat hingga bersih. Untuk bayi, gunakan selalu sisir bayi yang lembut.

4. GUNTING RAMBUT

Guntinglah rambut secara teratur. Selain untuk menjaga penampilan, rambut yang pendek juga memudahkan orangtua menjaga kebersihan rambut. Memotong rambut juga berguna agar ujung-ujung rambut tetap sehat, tidak bercabang, mudah patah, atau kering. Bahkan untuk bayi, orangtua bisa menggunduli anak dalam beberapa waktu tertentu. Selain rambut dan kulit kepala bayi mudah dibersihkan, rambut yang baru akan tumbuh lebih lebat dan hitam.

5. KONSUMSI MAKANAN BERGIZI

Rambut sehat memerlukan asupan nutrisi yang baik. Kurangnya asupan protein dan vitamin dapat membuat rambut rontok, kusam, kemerahan, berketombe, dan akhirnya rontok. Ingat, vitamin dan zat gizi berperan dalam menunjang kekuatan dan kesehatan rambut. Vitamin B kompleks, misalnya, jika asupannya kurang dapat menyebabkan rambut kusam, juga tumbuh suburnya ketombe. Sedangkan vitamin C dapat menjaga kekuatan akar rambut. Ingat akar rambut berperan dalam kesehatan rambut secara keseluruhan. Lewat akarlah, semua zat gizi diserap dan disalurkan ke rambut. Kurangnya zat besi juga berisiko menimbulkan kerontokan rambut. Zat belerang juga berperan dalam memberikan kilau pada rambut. Kandungan zat gizi ini dapat ditemukan pada ikan, telur, dan lain-lain. Sedangkan lemak berperan dalam menjaga kekuatan rambut, disamping kilau rambut.

Untuk bayi, sangat dianjurkan mengonsumsi ASI secara eksklusif. Ini karena ASI kaya kandungan gizi, tidak dapat tertandingi oleh susu formula atau nutrisi lainnya.

6. IKAT RAMBUT SAAT BEROLAHRAGA

Olahraga sangat baik untuk kesehatan. Namun, aktivitas itu juga berpotensi merusak rambut. Jika rambut anak panjang, ikatlah dan jepit ke atas. Pastikan rambut itu tidak menghalangi gerakan dan pandangan anak. Penggunaan ikat kepala atau bando juga bisa menjadi solusi. Selain tampil lebih gaya, rambut anak pun lebih terjaga. Bila menggunakan penutup kepala atau bandana, pilihlah yang cepat menyerap keringat sehingga tidak menumpuk di kulit kepala. Ingat, endapan keringat yang mengering dapat merusak akar rambut.

7. JAUHI SINAR MATAHARI

Terik matahari dapat merusak rambut. Itulah mengapa, saat bepergian di tengah terik matahari, usahakan memakai topi atau payung. Usahakan rambut terlindungi dari sinar matahari.

8. KENAKAN PENUTUP SAAT BERENANG

Saat berenang, kenakan penutup rambut setelah membasahi rambut seluruhnya. Selesai berenang cuci rambut untuk menghilangkan klorin yang menempel pada rambut. Jika mungkin kenakan kondisioner tanpa bilas sebelum Anda masuk ke kolam.

9. HATI-HATI SAAT MENGERINGKAN

Mengeringkan dengan handuk bisa jadi penyebab kerusakan rambut. Menggosok rambut basah dengan handuk membuat helai-helai rambut kusut dan mudah terjerat pada benang-benang di handuk, sehingga tertarik dan mudah putus, rusak pada kutikula, dan ujung rambut terbelah. Jadi, tepuk-tepuk saja rambut basah dengan handuk, lalu diurut sesuai arah pertumbuhan rambut. Memang cara ini agak makan waktu, tetapi berharga untuk rambut anak.

sumber : http://sakinaidaman.com/berita/9-cara-merawat-rambut-sehat